Minggu, 08 Desember 2019

BAB 10 STRATEGI DISTRIBUSI PADA JASA TRANSPORTASI


BAB  10
STRATEGI DISTRIBUSI
PADA JASA TRANSPORTASI

1)      Keputusan saluran Penyerahan
-Kemana? Disini kemana produk jas atransportasi akan disalurkan, yaitu kepada konsumen
-Kapan/ Kapn akan dialankan, saat ada penumpang
-Bagaimana? Dengan cara promosi iklan melalui tv, media sosial,dll

2)      Pilihan Penyerahan Jasa
1.      Lokasi
*Konsumen-Penyedia jasa: Pada kasus ojek pengkolan yang konsumen langsung menghampiri pangkalan ijek tersebut
*Penyedia Jasa-Konsumen : Pada Gojek, konsumen memesan lewat aplikasi dan akan langsung menemui konsumen tersebut
*Kepanjangan Tangan
        2. Saluran Distribusi
*Penyedia jasa:Jasa Transportasi
*Perantara: Melalui aplikasi gojek
*Konsumen: Pelanggan

3)      Lingkungan fisik penyampaian jasa
A. Peran lingkungan fisik
*Menimbulkan perhatian: Layanan yang diberikan driver kekonsumen
*Mneciptakan kesan: Memberikan kenyaman fasilitas dan cara yang diberkan kepada konsumen
*Menciptakan efek
        B. Tempat dan waktu
*Lokasi: Driver tersebut mengantarkan penumpang sesuai dengan lokasi yang dituju
                        *Kenyamanan pelanggan: Cara driver mengendarai dengan kecepatan yang sedang
                        *Jam operasi: Beroperasi setiap saat dddan ada juga batasan waktu

4) Proses penyerahan jasa
1. Perencanaan dan konfigurasi penyerahan jasa
*Uruan langkah,lokasi,jadawal: Proses dalam jasa transportasi yaitu saaat ingin memesan transportasi seperti gojek langkah pertama ialah membuka aplikasi lalu memesan dengan lokasi yang dituju dan melihat jadwal operasional ada atau tidak.
*Pengabungan unsur jasa
*Sifat kontak tinggi
*Sifat proses jasa
*Aturan pelayanan
*Metafora dan atmosfer
2. Bagaimana Teknologi menghasilkan revolusi
*Pengembangan teknologi pintar: Dengan menggunakan aplikasi baik Grab, Gojek,Traveloka,dll
*Pencitaan kios-kios otomatis
*Pengembangan situs web : Bisa dikunjungi melalui situs web yang sesuai kita mau memesan lewat apa, seperti traveloka
*Pengembangan kartu pintar
3. Mempromosikan dan menyerakan jasa dalam internet
*Jasa kontak tinggi
*Jasa kontak rendah
*Pembelian katalog
*Ruang maya
4. Tempat pasar dan ruang pasar
*Tempat pasar
*Ruang pasar

1)      Peran perantara
Efektif dan efesien dalam menyerahkan paket dan jasa lengkap: Tepat waktu saat menjemput konsumen tepat waktu

2)      Implikasi karakteristik jasa terhadap manajemen distribusi
a.       Implikasi ketakberwujudan
b.      Implikasi tidak dapat dipisahkan
c.       Implikasi heterogenitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar