Minggu, 08 Desember 2019

BAB 7 LINGKUNGAN JASA


BAB 7
LINGKUNGAN JASA
PADA JASA TRANSPORTASI (GO-JEK)

1)      Bukti Fisik
 Suatu hal yang penting yang bisa mempengaruhi kepuasan konsumen. Bukti fisik terbagi menadi 2  yaitu;
a)      Bukti Penting : kepetusan, kunci desain, serta tata letak
b)      Bukti Tambahan : Nilainya, dependen yang kecil

Dari bukti fisik pada asa Transportasi ialah seperti MOBIL,MOTOR,PESAWAT,DAN KAPAL merupakan bukti fisiknya dari jasa transportasi. Bukti Pentingnya ialah dokumen resmi perusahaan misalnya Gojek ataupun Travel, serta yang penting memiliki lambang dari perusahaan tersebut. Kemudian BUkti Tambahan ialah seperti jaket, helm dan aplikasi.

2)      Fungsi Lingkungan Jasa
a)      Media Pencipta Pesan: Pada asa transportasi media pencipta pesan ialah Hp yang bisa memessan melalui aplikasi baik dari Grab,Gojek maupun Traveloka untuk memesan tiket pesawat kereta dll.
b)      Media Pencipta/Penarik Perhatian : Disini adanya antar makanan(delevery),serta memeberikan penilaian pesanan dengan memberikan bintang, bisa langsung menjemput konsumen tanpa harus menunggu di pinggir jalan maupun menemui di pangkalan ojek.
c)      Media Penggugah emosi/Perasaan : Dimana para delevery menenamkan sifat 3S(Senyum, Sapa, Salam0 kepada para konsumen/pelanggan, sehingga konsumen yang sedang diantar akan merasakan kenyamanan dalam peralanan.
3)      Model respon Terhadap Lingkungan Jasa
1.      Model Stimulus-Respon Mehrabian-Rusell
Rangsangan lingkungan dari proses kognitif  akan menuju Dimensi yang dipengaruhi oleh kepuasan dan rangsangan selanjutnya akan ditindaki oleh perilaku respon dan adanya pendekatan atau penghindar .
2.      Model Mempengaruhi Russel
-          Pada kondisi Merangsang/membangkitkan dan menyenangkan akan merasakan Ketertarikan/menarik
-          Pada kondisi Menyengkan dan Membuat mengantuk makan akan teradi Rilek.
-          Pada kondisi Membuat mengantuk dan tidak menyenangkan akan terjadi suasan membosankan.
-          Pada kondisi Tidak menyenangkan dan akan merangsang/membangkitkan akan terjadi suasana menyusahkan.
4)      Dimensi Lingkungan Jasa
A)    Efek dari kondisi lingkungan
Suara,aroma,warna,tata letak,tempat dan fungsional
B)    Sinyal-sinyal dan simbol
Dimana pada jasa transportasi contohnya saat mengendari sepeda motor dan suara motor tersebut racing maka bukan hanya lingkungan saja merasa tidak enak namun penumpang pun merasa tidak nyaman.Untuk aroma juga berpengaruh bisa melalui asap kendaraan yang berlebihan akan merusak lingkungan dan terjadi polusi udara di lingkungan.Warna juga akan berpengaruh pada kendaraan akan berpengaruh pada penglihatan, misalnya disaat penumpang memesan Grab/Gojek maka warna adalah ciri khas untuk cepat mengetahui/menemui si sopir tersebut.Untuk tata letak pada mobil ialah tempat duduk contohnya mobil grab tersebut sudah mempunyai tata letak kursi untuk menampung penumpang yang banyak maximal 6 orang.
            Agar mudah dikenal oleh masyarakat simbol goek dan grab bisa dibedakan dari bentuk jaket dan hekmnya. Selain itu juga mobil juga mempunyai ciri khas berupa stiker yang ada didepan kaca mobilnya.Contoh bus Keramat Jati yang bisa mengantarkan daru pulau Jawa-Sumatra.

5)      Optimalisasi Lingkungan Jasa
1)      Fokus pada fitur dan manfaat : Pada jasa transportasi manfaatnya ialah pada fitur untuk memudahkan atau membantu para konsumen berpergian.
2)      Kategori produk dan persaingan dipandang sempit
3)      Konsumen dipandang sebagai pembuat keputusan rasional
4)      Metode dan perangkatnya anlitis,kuantitatif dan lisan.

6). Pemasaran Eksprensial
Mneciptakan pengalaman unik pada konsumen. Kerangka kerja pemasaran eksprensial:
1.      Strategic Eksprensial Modules(Sems)
a.       Sense( indra perasa)
-          Sebagai pembeda: Dalam transportasi banyak bidang baik darat laut dan udara serta macam-macamnya ialah grab,gojek,angkut,taxi,dll. Dan pembedanya ialah harga tergantung jarak tempuh dan juga fasilitas yang didaptkan oleh konsumen.
-          Sebagai pemberi motivasi
-          Sebagai pembentuk nilai : Semakin banyak yang memberikan nilai serta layanaan yang diberikan oleh produsen akan meberikan kenyaman bagi konsumen, serta akan memebrikan pandangan pada masyarakat baik akan membrikan penilaian yang baik.
b.      Feel(Perasaan)
Menciptakan perasaan melalui pengalamankonsumen: ialah jika driver/sopir memberikan respon positif sesuai 3S dan memberikan kenyaman dihati konsumen maka dapat menciptakan pengalaman yang baik bagi konsumen.
c.       Think(Pola pikir)
-Penciptaan kejutan
-Lusinan Intrik
- Pukulan provokasi
d. Act(Prilaku)
-Perilaku individu
-Perilaku sosial
-Gaya hidup
e. Relate(Pertalian) Mencoba membangun sesuatu agar seseorang bisa merasakan budaya masing-masing
-pigur idaman, oranglain, dan budaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar