BAB 7
LINGKUNGAN JASA
PADA JASA
TRANSPORTASI (GO-JEK)
1)
Bukti
Fisik
Suatu
hal yang penting yang bisa mempengaruhi kepuasan konsumen. Bukti fisik terbagi
menadi 2 yaitu;
a) Bukti Penting : kepetusan, kunci desain,
serta tata letak
b) Bukti Tambahan : Nilainya, dependen yang
kecil
Dari bukti fisik pada asa Transportasi ialah
seperti MOBIL,MOTOR,PESAWAT,DAN KAPAL merupakan bukti fisiknya dari jasa
transportasi. Bukti Pentingnya ialah dokumen resmi perusahaan misalnya Gojek
ataupun Travel, serta yang penting memiliki lambang dari perusahaan tersebut.
Kemudian BUkti Tambahan ialah seperti jaket, helm dan aplikasi.
2)
Fungsi
Lingkungan Jasa
a) Media Pencipta Pesan: Pada asa
transportasi media pencipta pesan ialah Hp yang bisa memessan melalui aplikasi
baik dari Grab,Gojek maupun Traveloka untuk memesan tiket pesawat kereta dll.
b) Media Pencipta/Penarik Perhatian :
Disini adanya antar makanan(delevery),serta memeberikan penilaian pesanan
dengan memberikan bintang, bisa langsung menjemput konsumen tanpa harus
menunggu di pinggir jalan maupun menemui di pangkalan ojek.
c) Media Penggugah emosi/Perasaan : Dimana
para delevery menenamkan sifat 3S(Senyum, Sapa, Salam0 kepada para
konsumen/pelanggan, sehingga konsumen yang sedang diantar akan merasakan
kenyamanan dalam peralanan.
3)
Model
respon Terhadap Lingkungan Jasa
1. Model Stimulus-Respon Mehrabian-Rusell
Rangsangan lingkungan dari proses
kognitif akan menuju Dimensi yang
dipengaruhi oleh kepuasan dan rangsangan selanjutnya akan ditindaki oleh
perilaku respon dan adanya pendekatan atau penghindar .
2. Model Mempengaruhi Russel
-
Pada
kondisi Merangsang/membangkitkan dan menyenangkan akan merasakan
Ketertarikan/menarik
-
Pada
kondisi Menyengkan dan Membuat mengantuk makan akan teradi Rilek.
-
Pada
kondisi Membuat mengantuk dan tidak menyenangkan akan terjadi suasan
membosankan.
-
Pada
kondisi Tidak menyenangkan dan akan merangsang/membangkitkan akan terjadi
suasana menyusahkan.
4)
Dimensi
Lingkungan Jasa
A) Efek dari kondisi lingkungan
Suara,aroma,warna,tata letak,tempat
dan fungsional
B) Sinyal-sinyal dan simbol
Dimana
pada jasa transportasi contohnya saat mengendari sepeda motor dan suara motor
tersebut racing maka bukan hanya lingkungan saja merasa tidak enak namun
penumpang pun merasa tidak nyaman.Untuk aroma juga berpengaruh bisa melalui
asap kendaraan yang berlebihan akan merusak lingkungan dan terjadi polusi udara
di lingkungan.Warna juga akan berpengaruh pada kendaraan akan berpengaruh pada
penglihatan, misalnya disaat penumpang memesan Grab/Gojek maka warna adalah
ciri khas untuk cepat mengetahui/menemui si sopir tersebut.Untuk tata letak
pada mobil ialah tempat duduk contohnya mobil grab tersebut sudah mempunyai
tata letak kursi untuk menampung penumpang yang banyak maximal 6 orang.
Agar mudah dikenal oleh masyarakat
simbol goek dan grab bisa dibedakan dari bentuk jaket dan hekmnya. Selain itu
juga mobil juga mempunyai ciri khas berupa stiker yang ada didepan kaca
mobilnya.Contoh bus Keramat Jati yang bisa mengantarkan daru pulau
Jawa-Sumatra.
5)
Optimalisasi
Lingkungan Jasa
1) Fokus pada fitur dan manfaat : Pada jasa
transportasi manfaatnya ialah pada fitur untuk memudahkan atau membantu para
konsumen berpergian.
2) Kategori produk dan persaingan dipandang
sempit
3) Konsumen dipandang sebagai pembuat
keputusan rasional
4) Metode dan perangkatnya
anlitis,kuantitatif dan lisan.
6). Pemasaran
Eksprensial
Mneciptakan
pengalaman unik pada konsumen. Kerangka kerja pemasaran eksprensial:
1.
Strategic
Eksprensial Modules(Sems)
a. Sense( indra perasa)
-
Sebagai
pembeda: Dalam transportasi banyak bidang baik darat laut dan udara serta
macam-macamnya ialah grab,gojek,angkut,taxi,dll. Dan pembedanya ialah harga
tergantung jarak tempuh dan juga fasilitas yang didaptkan oleh konsumen.
-
Sebagai
pemberi motivasi
-
Sebagai
pembentuk nilai : Semakin banyak yang memberikan nilai serta layanaan yang
diberikan oleh produsen akan meberikan kenyaman bagi konsumen, serta akan
memebrikan pandangan pada masyarakat baik akan membrikan penilaian yang baik.
b. Feel(Perasaan)
Menciptakan perasaan melalui
pengalamankonsumen: ialah jika driver/sopir memberikan respon positif sesuai 3S
dan memberikan kenyaman dihati konsumen maka dapat menciptakan pengalaman yang
baik bagi konsumen.
c. Think(Pola pikir)
-Penciptaan kejutan
-Lusinan Intrik
- Pukulan provokasi
d.
Act(Prilaku)
-Perilaku individu
-Perilaku sosial
-Gaya hidup
e.
Relate(Pertalian) Mencoba membangun sesuatu agar seseorang bisa merasakan
budaya masing-masing
-pigur
idaman, oranglain, dan budaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar