Minggu, 08 Desember 2019

BAB 9 STRATEGI HARGA PADA JASA TRANSPORTASI


BAB 9
STRATEGI HARGA
PADA JASA TRANSPORTASI

Harga adalah sejumlah uang yang harus dibayar konsumen untuk mendapatkan produk/jasa. Dan harga juga merupakan bahan pertimbangan  khusus sebelum memutuskan untuk membeli barang maupun jasa.

1)      Peranan penting penentuan harga:
a.       Seberapa jauh layanan dinilai konsumen: Layanan yang diberikan oleh jasa transportasi,dimana jika jarak tempuhnya jauh maka harga/tarif  mahal sesuai dengan jarak tempuh.
b.      Proses pembangunan citra: Dimana transportasi memiliki cara tersendiri untuk membangun citra dimata masyarakat/konsumen
c.       Penentuan persepsi dalam hal kualitas: Kualitas disini sangat berpengaruh dalam jasa transportasi mulai dari layanan fasilitas yang diberikan seperti Ac helm jaket,dll.

2)      Landasan strategi penentuan harga
a.       Biaya-biaya: waktu yang dikeluarkan, jarak tempuh, tarif harga.
b.      Persaingan/kompensi: didalam harga itu(difensif) contah Gokar Vs Grab, dimana mereka memiliki masing-masing keunggulan, jika jarak yang ditempuh sama, harga yang tertera ada yang lebih murah.
c.       Nilai untuk pelanggan: manfaat yang dirasakan oleh pelanggan, mulai dari harga karena merupakan point yang utama lebih mempengaruhi.

3)      Tujuan Penentuan Harga
a.       Bertahan: Dalam jasa transportasi lebih mempertahankan kualitas dan meningkatkan kualitas yang diberikan kepada konsumen.
b.      Memmaksimalkan laba: Walaupun transportasi memiliki persaingan yang sangat luas namun tetap menciptakan strategi pasar murah dengan tarif yang murah namun tetap memiliki keuntungan/laba.
c.       Memmaksimalkan penjualan
d.      Prestise
e.       ROI: Indikator untuk menghitung laba/investasi.

4)      Faktor-faktor penentuan harga
a.       Elastisitas permintaan
b.      Struktur Biaya
c.       Persaingan: Termasuk persaingan antar macam-macam transportasi yang sudah ada, apakah ingin lewat jalur darat,udara maupun laut sesuai dengan tarif yang diberikan.
d.      Penentuan posisi jasa yang ditawarkan
e.       Sasaran yang ingin dicapai perusahaan: Didalam transportasi yang banyak membutuhkan ialah anak sekolah, pekerja kantor/pegawai maupun tokoh masyrakat
f.       Daur hidup jas
g.      Sumber daya yang dipergunakan: Disini yang digunakan ialah SDM
h.      Kondisi ekonomi: Jika kondisi ekonomi menaik maka akan berpengaruh pada BBM sehingga tarif yang dikenakan akan nailk begitupun sebaliknya.

5)      Pemasaran Strategi Penentuan Harga
a.       Fokus pada fitur dan manfaat
b.      Kategori produk dan persaingan dipandang sempit
c.       Konsumen dipandang sebagai pembuat keputusan rasional
d.      Metode perangkatnya analitis,kuantitatif dan lisan:
-          Besar jasa dihargai
-          Dasar penentuan harga
-          Menerima/menagih pembayaran konsumen: Saat konsumen membayar dengan uang yang kurang maka driver berhak menegur konsumen tersebut
-          Tempat pembayaran jasa: Dalam jasa transportasi  salah satu contoh jasa kereta api dimana saat memesan tiket melalui aplikasi dan melakukan pembayarn melaui indomaret/alfamatrt
-          Waktu pembayaran jasa: Saat kita menaiki taxi konsumen membayarnya saat sudah sampai ketujuan
-          Cara pembayaran
-          Komunikasi harga pada pasar sasaran

6)      Strategi Penentuan Harga
1.      Biaya: Berpengaruh paada harga tarif yang dikenakan dalam jasa transportasi
-Penggelembungan harga
Tingkat pengembalian sasaran
2.      Pasar: Sangat berpengrauh dalam penetapan harga/tarif yang akan dikenakan dalam jasa transportasi
-Harga dasar
-Harga Penetrasi
-Harga Paritas
-Harga premium
-Price Leadership Pricing
7)      Taktik Penentuan Harga
1. Harga biaya plus
2. Tingkat pengembalian
3. Harga paritas kompetitif
4. Harga rugi
5. Harga berdasarkan nilai
6. Harga Relasional
7. Harga fleksibel
8. Harga dengan ciri rendah
9. Harga dengan discount

8)      Pedoman metode penentuan harga
a.       Besarnya anggaran iklan/promosi
b.      Harga pokok
c.       Sasaran pangsa pasar
d.      Saluran distribusi
e.       Pandangan laba
f.       Keragaman produk
g.      Ada tidaknya jasa tambahan
h.      Daur hidup penggunaan produk
i.        Amaortisasi investasi
j.        Ancaman kompetitor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar