Rabu, 11 Desember 2019

BAB V STRATEGI PENENTUAN JASA (DILIHAT DARI PERUSAHAAN JASA : GO-JEK)


BAB V
STRATEGI PENENTUAN JASA
(DILIHAT DARI PERUSAHAAN JASA : GO-JEK)
A.      Pengertian Penentuan Posisi
Adalah citra perusahaan dibenak konsumen yang membedakan jasa dengan kompetitor.

B.       Langkah-langkah Penentuan Posisi Jasa
1.      Mengenali Keunggulan
       Penting, Berbeda, Unggul, Dapat dikomukasikan, Tidak mudah ditiru, Terjangkau dan Menguntungkan .
       Disini keunggulan yang dapat dilihat di perusahaan Gojek sendiri adalah mereka selain merupakan transportasi umum juga melayani jasa order makanan, antar pakek antar daerah yang kemudian inovasi tersendiri.

2.      Memilih Keunggualan
  Kuat dan menonjol . Keumggulan tersendiri dari Gojek adalah mereka sudah lebih dulu memasuki transportasi pasar online ketimbang pesaing perusahaan lain. Sehingga masyarakat lebih dulu mengenal dan terdapat di berbagai wilayah.
Dari pengemudi Gojek sendiri diberikan pembekalan untuk bisa bela diri agar mampu melindungi konsumen dan diri sendiri dari bahaya kriminalisasi ditengah ekonomi yang lemah.

3.      Menyampaikan Keunggulan
     Secara efektif. Disini Gojek sendiri sudah menyampaikan beberapa keunggulan nya yakni melalui promosi lewat sosial media, spanduk, dan konten-konten di beberapa pencarian internet. Pun kepada pelanggan setia mereka, Gojek memberikan diskon-diskon tertentu pada ketentuan yang berlaku.

C.      Kegunaan Penentuan Posisi Jasa
 1.  Mengerti hubungan antar produk dan pasar.
    Jadi, disini adalah bagaimana produk  dalam hal ini jasa yang ditawarkan Gojek kepada pangsa pasar dalam hal ini adalah konsumen. Beberapa pangsa pasar Gojek yakni:
·         Masyarakat yang tidak mempunyai kendaraan
·         Masyarakat yang ingin praktis dan cepat sampai tujuan karena macet (biasanya di kota-kota besar)
·         Masyarakat yang serba praktis, malas, dan sibuk untuk mengatur waktu mengenai manajemen makanan, dan manajemen bertransportasi.


2. Mengidentifikasi peluang
Peluang yang diyakini besar, hal ini sudah terlihat karena sudah beberapa wilayah yang telah mempunyai beberapa cabang Gojek. Salah satu faktor terbesar nya adalah konsumen yang bersifat praktis yang memudahkan bisnis Gojek untuk tetap beroperasi.

3. Membuat keputusan bauran pemasaran

D.      Prinsip Strategi Penentuan Posisi
1. Mengantar dan membangun penentuan posisi di benak konsumen
Saat ini Gojek sedang menduduki posisi pertama setelah perusahaan Grab di benak konsumen

2. Penentuan harus khusus, sederhana, dan konsisten

3. Membedakan dari kompetitornya
Perbedaan Gojek dengan Grab adalah terletak pada pengemudi nya yang telah diberi pelatihan khusus mengenai keamanan diri bagi pelanggan dan pengemudi untuk mencegah kriminalisasi di zaman ekonomi yang melemah.

4. Tidak dapat merangkulsemua kebutuhan

E.       Dimensi Strategi Penentuan Posisi
1.  Atribut produk
Ada helm khusus konsumen dan pengemudi yang bermerek kan “Gojek” dan jaket persatuan yang dimiliki oleh pihak pengemudi.

2.  Hubungan harga/kualitas
Soal harga gojek mematok sesuai dengan dekat atau jauhnya jarak tempuh yang diinginkan konsumen

3. Referensi kompetitor
Grab, dan kompetitor lain

4. Karakteristik pengguna
·         Tidak mempunyai kendaraan
·         Malas dan serba Instan

5. Kelas produk

F.       Peta Penentuan Posisi
·         Visualisasi penentuan posisi yang kompetitif
·         Merepresentasikan persepsi konsumen

v  Hal-hal yang diperlukan untuk pembuatan peta posis
1.    Sumber data
2.    Skala
3.    Peringkat

G.      Penentuan Posisi Ulang
·         Evaluasi posisi yang telah dibangun
·         Evaluasi dasar penentuan posisi (tingkat kepentingan)
·         Tuntutan konsumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar